favicon
Jadwal Kajian Rutin Ahlussunnah di Tasikmalaya
Lihat


Audio Ringkas Life Style Kita adalah Qona’ah

   
Audio Ringkas Life Style Kita adalah Qona’ah

Audio Ringkas Life Style Kita adalah Qona’ah


Life Style Kita adalah Qona’ah

Qona’ah akan membuat setiap orang merasa cukup dengan apa yang  dimilikinya, oleh karena itu para ulama mengatakan: “Qona’ah adalah engkau menampakkan kerelaan kepada segala hal yang telah Alloh ‘azza wa jalla berikan untukmu dari penghidupan, sehingga jiwamu menjadi tentram, dan hatimu pun menjadi tenang .”

Qona’ah adalah sesuatu yang membuat kita merasa yakin bahwa rejeki adalah hal yang telah ditulis dan dicatat oleh Alloh subhanahu wa ta’ala, serta hal yang akan dibagi-bagikan oleh Alloh ‘azza wa jalla, hal seperti inilah yang akan membuat setiap kita merasa yakin bahwa apa yang Alloh ‘azza wa jalla berikan adalah hal yang terbaik.

Sahabat Abdullah bin Abbas radhiyallahu’anhuma mengatakan: “Gaya hidup yang paling baik adalah qona’ah”, maka penting bagi kita menjadikan qona’ah sebagai gaya hidup kita.

Jaman sekarang orang mengistilahkan dengan “Life Style”, maka Life Style kita adalah Qona’ah. Qona’ah harus menjadi ciri khas kita, menjadi sesuatu yang mewarnai hari-hari kita. Kita tidak akan pernah merasa sumpek,  merasa tenang, tentram, dengan apapun yang kita dapatkan.

Kata sahabat Abdullah bin Abbas radhiyallahu’anhuma“Qona’ah adalah engkau merasa puas dengan rizki yang Allah ta’ala berikan kepadamu, baik  berupa harta, keturunan, tempat tinggal, pakaian, kendaraan, minuman, dan hal yang lainnya.”

Subhanalloh, kita akan nyaman ketika bisa menikmati dengan baik apa yang kita punya, baik itu berupa harta benda, tempat tinggal, pakaian, makanan, minuman, kendaraan, ada kepuasan tersendiri ketika kita bisa menikmatinya.

Sebab tidak sedikit orang yang sebenarnya bisa dikatakan serba berkecukupan, tetapi tidak bisa menikmatinya dengan baik.

📥Unduh 

Pemateri: Al-Ustadz Abu Hamzah Yusuf al Atsary hafidzhahullah
Diambil dari Kajian: "Hidup Berkah dengan Qona'ah" di Ma'had Darussalam As Salafy Selogiri Wonogiri, 13 Rajab 1441 H

📲 Dipublikasikan oleh:

Diperbarui
Tambahkan Komentar

Jazakumullahu khairan parantos sumping ka website Salafy ti Tasik.